Lakpesdam PBNU – Pemilu sebagai unsur penting dalam negara demokrasi dan perwujudan kedaulatan rakyat, tentu menjadi perhatian banyak kalangan, baik di dalam negeri maupun dunia internasional. Sebab penyelenggaraan pemilu yang baik, transparan, akuntabel, bebas dan rahasia akan menentukan kualitas demokrasi yang dihasilkan.

Dukungan dari berbagai pihak, baik di pemerintah maupun organisasi non pemerintah tentu akan semakin memberikan dampak positif, termasuk aspek pengawasan bagi penyelenggaraan pemilu. Lakpesdam PBNU pun menjadi bagian dari keterlibatan organisasi sosial kemasyarakatan di atas dalam mendorong pemilu yang baik, sosialisasi dan kampanye pemilu yang tidak SARA, sikap intoleran, dan mengabaikan nilai-nilai kearifan lokal bagsa yang sudah dimiliki turun menurun dari nenek moyang.

“Dari sinilah kita melakukan pertemuan dan FGD, termasuk menginisiasi lahirnya komunitas NU peduli pemilu,” ungkap Daniel Zuhron dalam rapat kemarin di kantor Lakpesdam. (12/4/2016). “Pertemuan ini akan terus berlanjut dan diharapkan memberikan kontribusi positif dan memberikan support kepada PBNU terkait isu penyelenggaraan pemilu dan demokrasi yang lebih baik di negeri ini,” lanjut Rumadi Ahmad selaku ketua Lakpesdam.

Hal ini sejalan dengan rencana srategis yang dihasilkan Lakpesdam yakni mendorong pengarusutamaan nilai-nilai aswaja yang moderat, toleran, mengakui dan menghargai keragaman, ramah & berkeadilan. Tak hanya itu, lakpesdam juga memiliki tanggung jawab dalam proses pemberdayaan manusia, mengawal isu strategis kebangsaan, terlebih yang berdampak pada basis dan masyarakat luas.