Lakpesdam PBNU – Bogor, Korupsi menjadi perbincangan yang hangat dan mendapat porsi perhatian lebih di negeri ini. Dalam berbagai forum, banyak institusi dan lembaga yang konsen dalam upaya pemberantasan korupsi, termasuk Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU. Selama 3 hari (Kamis-Sabtu, 31 Maret-2 April 2016), Lakpesdam merumuskan modul Good Governance dan Anti Korupsi untuk daurah III, program PPWK (Program Pengembangan Wawasan Keulamaan).

IMG_0062“PPWK sebagai program pengkaderan Ulama, memiliki 5 daurah dalam rangkaian pelatihannya, mulai dari Keislaman, NU dan Kebangsaan, Geo politik Internasional , NU dan Transformasi Sosial. Dan salah satu daurah untuk bekal ulama adalah tema Good Governance dan Antikorupsi,” ungkap Marzuki Wahid selaku Pengurus Lakpesdam NU dalam sambutannya. Dengan model 5 daurah ini, peserta yang akan terlibat dalam PPWK ini, memiliki komitmen untuk mengikuti semua daurah, sehingga bekal pelatihan ini memiliki dampak positif dan menjadi bekal bagi calon penerus ulama dari masing-masing wilayah NU di Nusantara.

Bertempat di Arch Hotel, Bogor, perumusan modul ini diawali dengan brainstorming yang diikuti oleh  Sujanarko dan Ramah Handoko dari perwakilan dari KPK, Henry S. dari Kemitraan dan jajaran pengurus Lakpesdam, termasuk para alumni Lakpesdam yang telah tersebar di berbagai lembaga dan NGO nasional, dan difasilitasi oleh senior fasilitator, Helmi Ali.

Berbagai tema dan pokok bahasan modul telah dirumuskan, meski sempat ditengahi dengan cerita, forum reuni, dan guyon khas nahdiyyin, termasuk  sekelumit cerita prilaku koruptor dan proses penindakan yang dilakukan KPK yang semakin membuat dinamis forum.

Alur modul yang dihasilkan dalam daurah ini, mulai dari Refleksi dan Orientasi, Membangun Integritas, Pengenalan Korupsi, Urgensi melawan Korupsi, dan Strategi Pencegahan Korupsi. Hingga hari ketiga, workshop ini diharapkan melahirkan silabi dan modul yang lebih detil dari rumusan alur yang telah dihasilkan.  Tidak hanya selesainya modul, namun juga akan lahir dorongan dan support dari berbagai kalangan untuk mendukung PPWK dengan daurah III dengan tema Good Governance dan Antikorupsi. Sinergi dengan berbagai pihak, baik lembaga internal NU dan eksternal ini akan semakin mendorong lahirnya ulama yang berkarakter yang menjadi tujuan PPWK Lakpesdam PBNU ini.