Lakpesdam – Kamis siang (18/01/16) Lakpesdam PBNU kedatangan tamu, pengurus Lakpesdam Cabang Sumedang yang berjumlah 4 orang dipimpin oleh Asep Saujana. Setelah merasakan kemacetan Jakarta, kehadiran Lakpesdam Sumedang mendapat sambutan hangat dari Ketua Lakpesdam PBNU, Dr. Rumadi Ahmad bersama Ahmad Maulani dan jajaran pelaksana Lakpesdam PBNU.

“Kami ingin bersilaturahim sekaligus sharing terkait program dan perkembangan lakpesdam saat ini,” kata Kang Asep, ketua rombongan Lakpesdam Sumedang biasa disapa. Obrolan berikutnya mengalir dan saling menimpali dalam suasana ‘gayeng’.

Berikutnya saling bertukar informasi terkait perkembangan lakpesdam, baik yang di level pusat maupun di Sumedang. Beberapa hal yang bisa ditindaklanjuti antara lain mengupayakan pelaksanaan pelatihan kader penggerak ranting di Sumedang.

Muncul juga berbagai perbincangan mengenai info PPWK (Program Pengembangan Wawasan Keulamaan), kader pendamping desa dan berbagai perkembangan terkini, termasuk bagaimana menggerakkan potensi yang ada di daerah, termasuk modal kader dan modal sosial yang melimpah untuk mendukung berbagai isu yang bisa dikembangkan. Salah satunya perbincangan bagaimana daerah juga terlibat dalam mendorong pencegahan korupsi yang bisa dilakukan dengan berjejaring dengan lembaga anti korupsi di daerah dan KPK.

Menjelang sore, Lakpesdam Sumedang berpamitan untuk melanjutkan perjalanan, dan sebelum pulang Lakpesdam PBNU memberikan kenang-kenangan Majalah Afkar dan beberapa buku terbitan lakpesdam lainnya. __ir